Rabu, 20 Juni 2012

(TULISAN) MANUSIA DAN KEBUDAYAAN



Manusia merupakan makhluk yang memiliki keinginan untuk menyatu dengan sesamanya serta alam lingkungan di sekitarnya. Dengan menggunakan pikiran, naluri, perasaan, keinginan dsb manusia memberi reaksi dan melakukan interaksi dengan lingkungannya.
Pola interaksi sosial dihasilkan oleh hubungan yang berkesinambungan dalam suatu masyarakat. Seperti yang kita ketahui manusia sangat erat dengan kebudayaanya, lalu apakah yg dimaksud dengan kebudayaan? Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:


1.Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:
a. alat-alat teknologi
b. sistem ekonomi
c. keluarga
d. kekuasaan politik
Bronislaw Malinowski mengatakan ada 4 unsur pokok yang meliputi:
a. sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota b. masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya
c.organisasi ekonomi
d. alat-alat dan lembaga-lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan  (keluarga adalah lembaga pendidikan utama)
e. organisasi kekuatan (politik)

  Lalu apakah di Indonesia itu kebudayaannya sedikit? Jawabannya itu tidak karena di kebudayaan di Indonesia itu sangatlah beragam salah satunya seperti kebudayaan jawa dan masih banyak lagi.
Anklung merupakan alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat dan terbuat dari bambu. Hakikat manusia dalam melestarikan dan menjaga kebudayaan adalah suatu keharusan agar tidak terpengaruh oleh kebudayaan lainnya. Kita harus menjaga keaslian budaya kita karena kebudayaan tersebut merupakan warisan dari nenek moyang kita dahulu. Namun sekarang kebudayaan asli Indonesia sedikit demi sedikit  memudar seiring dengan masuknya kebudayaan asing / barat yang merupakan efek dari globalisasi yang amat deras sehingga dengan mudahnya kebudayaan asing keluar masuk ke Negara kita sehingga kita semua sedikit kita semua terpengaruh oleh kebudayaan asing, namun ini merupakan kelalaian kita semua yang dikarenakan tidak mampu menjaga budaya yang diwariskan oleh nenek moyang kita dulu. Lalu apakah kita sudah terlambat untuk mengatasinya? Saya jawab belum karena selama kita semua masih melestarikan kebudayaan yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita mungkin kebudayaan kita tidak akan pernah punah. Sebagai warga Indonesia yg baik sudah seharusnya kita jaga dan lestarikan kebudayaan Indonesia serta tidak mudah terengaruh dengan kebudayaan asing, namun kita juga seharusnya tahu bahwa kebudayaan yang kita miliki jauh lebih berharga dibandingkan dengan kebudayaan asing oleh karena itu janganlah kita lupakan atau kita tinggalkan kebudayaan kita.
  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar