COCOMO
adalah sebuah model yang didesain oleh Barry Boehm untuk memperoleh
perkiraan dari jumlah orang-bulan yang diperlukan untuk mengembangkan
suatu produk perangkat lunak. Satu hasil observasi yang paling penting
dalam model ini adalah bahwa motivasi dari tiap orang yang terlibat
ditempatkan sebagai titik berat. Hal ini menunjukkan bahwa kepemimpinan
dan kerja sama tim merupakan sesuatu yang penting, namun demikian poin
pada bagian ini sering diabaikan.
COCOMO pertama kali diterbitkan pada tahun 1981 Barry Boehm W.'s Book
ekonomi Software engineering sebagai model untuk memperkirakan usaha,
biaya, dan jadwal untuk proyek-proyek perangkat lunak. Ini menarik pada
studi dari 63 proyek di TRW Aerospace mana Barry Boehm adalah Direktur
Riset dan Teknologi Perangkat Lunak pada tahun 1981. Penelitian ini
memeriksa proyek-proyek ukuran mulai dari 2.000 sampai 100.000 baris
kode, dan bahasa pemrograman mulai dari perakitan untuk PL / I.
Proyek-proyek ini didasarkan pada model pengembangan perangkat lunak
waterfall yang merupakan proses software umum pembangunan di 1981.
Referensi untuk model ini biasanya menyebutnya COCOMO 81. Pada tahun
1997 COCOMO II telah dikembangkan dan akhirnya diterbitkan pada tahun
2000 dalam buku Estimasi Biaya COCOMO II Software dengan COCOMO II.
adalah penerus dari COCOMO 81 dan lebih cocok untuk mengestimasi proyek
pengembangan perangkat lunak modern. Hal ini memberikan lebih banyak
dukungan untuk proses pengembangan perangkat lunak modern, dan basis
data proyek diperbarui. Kebutuhan model baru datang sebagai perangkat
lunak teknologi pengembangan pindah dari batch processing mainframe dan
malam untuk pengembangan desktop, usabilitas kode dan penggunaan
komponen software off-the-rak. Artikel ini merujuk pada COCOMO 81.
Jenis COCOMO :
1. Basic (COCOMO I 1981)
Menghitung dari estimasi jumlah FP dan LOC. FP = suatu unit pengukuran untuk keterhubungan dan
keterkaitan antar prosedur, fungsi dan lingkungan SW.
2. Intermediate (COCOMO II 1999)
Menghitung dari besarnya program dan “cost drivers” (faktor-faktor yang berpengaruh langsung kepada
proyek), spt: hardware, personnel, dan atribut-atribut proyek;
3. Advance
Memperhitungkan
semua karakteristik dari “intermediate” di atas dan “cost drivers” dari
setiap fase (analisis, design, implementation, etc) dlm SW life cycles.
sumber :
1. http://merrycmerry.blogspot.com/2013/05/cocomo-constructive-cost-model.html
2. http://dwiyuliani-dwiyuliani.blogspot.com/2011/04/cocomo.html
3. https://inarjutex.wordpress.com/2011/05/28/pengertian-cocomo-dan-jenisnya/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar