Rabu, 23 November 2011

PELAPISAN SOSIAL DAN KESAMAAN DERAJAT

    Prinsip dasar pelapisan sosial ialah selama manusia masih memiliki sesuatuyang dianggap berharga maka pelapisan sosial akan tetap terjadi. Stratifikasi sosial menurut Pitirim A. Sorokin adalah perbedaan penduduk / masyarakat ke dalam lapisan-lapisan kelas secara bertingkat (hirarkis).
Pitirim A. Sorokin dalam karangannya yang berjudul “Social Stratification” mengatakan bahwa sistem lapisan dalam masyarakat itu merupakan ciri yang tetap dan umum dalam masyarakat yang hidup teratur.
Stratifikasi sosial menurut Drs. Robert M.Z. Lawang adalah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privilese dan prestise.
statifikasi sosial menurut max weber adalah stratifikasi sosial sebagai penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privilese dan prestise. Beberapa kriteria yang di jadikan standar bagi pelapisan sosial adalah sebagi berikut :
1. Kekayaan (sesuai pemikiran aristoteles)
2. Identitas, sumber pendapatan dan cara berproduksi (menurut pemikiran Karl Max)
3. keidupan moral dan intelektual ( menurut pemikiran Bendix dan Lapset)
4. Ekonomi, politik, dan moral intelektual (menurut Ferdinand Tonnies)
5. Ekonomi, politik, dan kebudayaan (menurut Max Weber)
6. Ekonomi, politik, pekerjaan produktif (menurut Pitirim Sorikin)
7. Ekonomi, politik, kelahiran, kekayaan, kualitas pribadi, pendidikan, agama, ilmu pengetahuan,
    dan kekuasaan (menurut Berger )

    Kesamaan derajat itu merupakan sesuatu yang bisa dikatakan atau sesuatu yang selalu berhubungan dengan status.Manusia memang di ciptakan oleh Tuhan berbeda-beda,tapi di mata Tuhan semua manusia sama derajatnya.Kita sebagai makhluk sosial janganlah suka membeda-bedakan, karena kita semua saling membutuhkan satu sama lainnya. Kesimpulannya walau ada stratifikasi sosial kita harus saling membutuhkan, jika sudah mengerti dengan kesamaan derajat pasti akan lebih menghargai satu sama lain. Manusia tidak dapat hidup tanpa bantuan dari orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar