Rabu, 03 Juni 2015

IT FORENSICS & PERBEDAAN ANTARA AUDIT “ AROUND THE COMPUTER “ DAN “ THROUGH THE COMPUTER “



Pengertian IT forensics
Computer Forensic yang juga dikenal dengan nama digital forensik, adalah salah satu cabang ilmu forensik yang berkaitan dengan bukti legal yang ditemui pada komputer dan media penyimpanan digital. Menurut Dan Farmer & Wietse Venema : “Memperoleh dan menganalisa data dengan cara yang bebas dari distorsi atau bias sebisa mungkin, untuk merekonstruksi data atau apa yang telah terjadi pada waktu sebelumnya di suatu sistem”. Tujuan dari komputer forensik adalah untuk menjabarkan keadaan kini dari suatu artefak dijital. Istilah artefak dijital bisa mencakup sebuah sistem komputer, media penyimpanan (seperti flash disk, hard disk, atau CD-ROM), sebuah dokumen elektronik (misalnya sebuah pesan email atau gambar JPEG), atau bahkan sederetan paket yang berpindah dalam jaringan komputer. Penjelasan bisa sekedar “ada informasi apa disini?” sampai serinci “apa urutan peristiwa yang menyebabkan terjadinya situasi kini?”.
Pengertian Audit
Suatu proses sistematik untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara tertulis ataupun lisan dengan menggunakan pembuktian yang secara objektif mengenai kumpulan pertanyaan pertanyaan

Audit around the computer
Hanya memeriksa dari sisi user saja dan pada masukan dan keluaranya tanpa memeriksa lebih terhadap program atau sistemnya.Audit around the computer dilakukan pada saat:
1.Dokumen sumber tersedia dalam bentuk kertas (bahasa non-mesin), artinya masih kasat mata dan dilihat secara visual
2. Dokumen-dokumen disimpan dalam file dengan cara yang mudah ditemukan.
3. Keluaran dapat diperoleh dari daftar yang terinci dan auditor mudah menelusuri setiap transaksi
dari dokumen sumber kepada keluaran dan sebaliknya

Audit Through the Computer
Dimana auditor selain memeriksa data masukan dan keluaran, juga melakukan uji coba proses program dan sistemnya atau yang disebut dengan white box, sehinga auditor merasakan sendiri langkah demi langkah pelaksanaan sistem serta mengetahui sistem bagaimana sistem dijalankan pada proses tertentu

Perbedaan Audit Around the Computer dan Audit Through the Computer

AUDIT AROUND THE COMPUTER 
1.     Sistem  harus  sederhana  dan berorientasi pada sistem batch. Pada  umumnya  sistem  batch komputer  merupakan  suatu pengembangan  langsung  dari  sistem manual.
2.     Melihat keefektifan biaya. Seringkali  keefektifan  biaya  dalam Audit  Around  The  Computer  pada saat  aplikasi  yang  digunakan  untuk keseragaman kemasan dalam program software.
3.     Auditor harus besikap userfriendly. Biasanya pendekatan sederhana yang berhubungan dengan  audit  dan dapat dipraktekkan  oleh  auditor  yang mempunyai  pengetahuan  teknik tentang komputer.


 AUDIT THROUGH THE COMPUTER
1.     Volume input dan output. Input dari proses sistem aplikasi dalam volume besar dan output yang dihasilkan dalam volume yang sangat besar dan luas. Pengecekan langsung dari sistem input dan output yang sulit dikerjakan.
2.     Pertimbangan efisiensi. Karena adanya pertimbangan keuntungan biaya, jarak yang banyak dalam uji coba penampakan audit adalah biasa dalam suatu sistem.  

Sumber :
syatantra.staff.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar